Beragam cara dilakukan para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Sumedang demi bertahan dimasa pandemi Covid-19. Strategi pemasaran tidak boleh diberhentikan meskipun dalam keadaan sulit. Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang melalui Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perindustrian dan Perdagangan membuka Gerai UMKM terpusat bertempat di IPP Kabupaten Sumedang.
.
Bupati Sumedang (Dr. H. Dony Ahmad Munir, ST., MM) didampingi Ketua Dekranasda (Hj. Susi Gantini, S.Si) meninjau Gerai Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang berlokasi di Lobby Induk Pusat Pemerintahan (IPP) Kabupaten Sumedang. Senin, (30/08/2021)
.
"Saya bersyukur forum UMKM Sumedang telah membuka gerai di lobby Pemda Sumedang, hal ini merupakan ikhtiar untuk memajukan dan mengembangkan UMKM di Kabupaten Sumedang terlebih disituasi pandemi Covid-19. Ini pun menjadi bagian dari pemulihan ekonomi daerah, bagaimana UMKM bisa terpasarkan dengan baik sehingga masyarakat bisa mudah untuk mendapatkannya," tutur Bupati dalam sambutannya.
.
Plt. Kepala Dinas Koperasi, UKM Perindustrian dan Perdagangan (Deni Tanrus, S.IP) pun menyampaikan bahwa terdapat 3 (tiga) surat himbauan Bupati Sumedang bagi Para ASN untuk menggunakan produk UMKM baik olahan makanan maupun kerajinan. Mengingat dimasa pandemi ini sulitnya untuk melakukan promosi melalui event-event, diharapkan dengan tersedianya produk UMKM dikomplek perkantoran dapat diketahui, dipakai dan digunakan minimal untuk kepentingan sehari-hari.
.
"Terdapat kurang lebih 300 produk UMKM di gerai ini, sesuai dengan yang disampaikan Pak Bupati tadi bahwa ini merupakan ikhtiar Pemda Sumedang dalam rangka pemulihan ekonomi daerah. Mengingat UMKM sebagai pilar perekonomian masyarakat, rencananya akan dibuka juga gerai UMKM di kantor-kantor Kecamatan bahkan hingga ke tingkat Desa," ujar Kepala Bidang UMKM pada Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Sumedang.

(penerbit: diskominfosanditik.sumedangkab.go.id)